Laboratorium Manajemen FEB UMM

 

Sebagai penunjang Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMM prodi manajemen, laboratorium manajemen merupakan wadah dan pelaksana berbagai kegiatan prodi manajemen ini, sehingga prodi manajemen menjadi pusat kegiatan, data dan informasi, kemudian pusat pengembangan. Oleh karena itu, kegiatan yang diselenggarakan oleh laboratorium manajemen dikemas untuk memberikan "nilai tambah" yang sangat berarti bagi aktivitas akademika bagi kalangan mahasiswa, tenaga pendidik atau pihak lain yang membutuhkan. Oleh karena itu, kegiatan yang diselenggarakan oleh laboratorium manajemen dapat mengaitkan keterampilan transfer pengetahuan yang abstrak dan ideal sehingga menjadi praktis dan aplikatif dalam tindakan. Tujuan didirikannya laboratorium manajemen adalah untuk mendukung proses pengajaran di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang. Mata kuliah tertentu yang diajarkan di Jurusan Manajemen membutuhkan laboratorium sebagai media penerapan teori-teori yang dipelajari. Saat ini, staf Jurusan Manajemen yang terkonsentrasi membuka mata kuliah laboratorium sesuai dengan bidangnya masing-masing. Oleh karena itu, laboratorium manajemen memegang peranan penting dalam pengembangan keilmuan jurusan manajemen.

Sedikit cerita sejarah dari lab FEB UMM. Lab ini berdiri pada tahun 1998 atas usulan Bapak Drs. Mursidi dan Bapak Drs. Jatmiko, MM. Lab ini sudah mengalami empat periode kepemimpinan.

             1. Tahun 1996 – 1999 : Dra. Aniek Rumijati, MM

2. Tahun 1999 – 2004 : Drs. Noor Aziz, MM

3. Tahun 2004 – 2009 : Dra. Nurul Asfiah, MM

4. Tahun 2009 – sekarang : Dra. Sri Nastiti Andharini, MM


Gambar 1. Kegiatan Praktikum Lab FEB UMM

Tugas dan fungsi dari Lab FEB UMM : 

1. Pusat Pengembangan dan Pembinaan Dosen dan Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang 

2. Menjadi penyedia data dan informasi tentang manajemen dan bisnis terkini dari dalam dan luar negeri yang dapat diakses melalui bahan pustaka, multimedia dan internet.

3. Menjadi pusat penelitian dan pengembangan ilmu manajemen, kewirausahaan, solusi bisnis kecil, e-commerce, teknologi bisnis, dan sistem informasi perusahaan. 

4. Menjadi wadah pertukaran ide dan konsep antar dosen di Jurusan Manajemen. Dosen di Jurusan Ekonomi biasanya terkait dengan pengembangan keilmuan dan pendidikan manajemen serta bisnis dan aplikasinya.

5. Menyediakan ruang pertemuan yang terdiri dari ruang manajemen, ruang manajemen dan database, ruang multimedia dan ruang diskusi dengan fasilitas komputer dan LAN, AC (AC), peralatan, perangkat lunak dan perangkat keras, ruang yang dilengkapi dengan loker untuk kegiatan belajar mengajar praktikum. , serta meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan manajemen pendidikan teori dan aplikasi. Dilengkapi dengan loker yang nyaman. 

6. Menyediakan bahan pustaka, antara lain buku teks, modul, edisi cetak jurnal dan artikel tertentu, dan edisi cetak jurnal, artikel, catatan kuliah, dan modul tertentu dalam bentuk softfile.

 

Untuk kegiatan praktikum sendiri, dibedakan menjadi 2, yaitu reguler dan non reguler :

                1. Praktikum Reguler

                Merupakan praktikum yang harus diikuti oleh semua mahasiswa manajemen dan merupakan salah satu syarat manajemen akademik. Tujuan latihan rutin ini adalah untuk memberikan pemahaman konseptual yang lebih praktis daripada masalah yang sebenarnya, dan proses pengajarannya berbeda dengan perkuliahan klasik biasa.

                2. Praktikum Non reguler

                Praktikum ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan alat bantu pengambilan keputusan di berbagai bidang, sehingga mahasiswa dapat menggunakan alat bantu pengambilan keputusan dengan mahir dalam operasional perusahaan. Menurut kesepakatan antara mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah, magang nonkonvensional ini sifatnya tidak wajib. Karena sifatnya yang tidak wajib, maka program magang ini ini hanya cocok untuk mahasiswa yang ingin menambah ilmu dan pengalaman yang dianggap perlu oleh mahasiswa.

                Menurut saya, laboraturium ini sangat bagus untuk pengembang akademik. Untuk saat ini, saya sedang menjalankan praktikum pemasaran. Yang mana didalamnya membahas tentang pemasaran dengan cara mengajar santai dan jelas. Dan juga dosen pengampu, dan asistenya juga solutif sekali bagi mahasiswa yang mengambl praktikum tersebut. Setelah selesai dengan matakuliah pratikum pemasaran yang saya ambil, saya lebih banyak mengetahui tentang pemasaran. Dan juga dapat di konsultasikan juga pada dosen pengampunya/pembimbingnya. Karena online, saya menjalani kelas lewat zoom atau lainnya. Tapi jika offline, kelas yang disediakan sangat bagus sekali, dan lengkap untuk fasilitasnya.

Selengkapnya bisa melihat di 


Laboratorium Manajemen FEB UMM






https://www.youtube.com/channel/UC-GMmAtdPcxSALOZg1DnN4w


Komentar

Postingan populer dari blog ini

GOSHI

Founder Goshi