Laboratorium Manajemen FEB UMM
Sebagai penunjang Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMM prodi
manajemen, laboratorium manajemen merupakan wadah dan pelaksana berbagai
kegiatan prodi manajemen ini, sehingga prodi manajemen menjadi pusat kegiatan,
data dan informasi, kemudian pusat pengembangan. Oleh karena itu, kegiatan yang
diselenggarakan oleh laboratorium manajemen dikemas untuk memberikan
"nilai tambah" yang sangat berarti bagi aktivitas akademika bagi
kalangan mahasiswa, tenaga pendidik atau pihak lain yang membutuhkan. Oleh
karena itu, kegiatan yang diselenggarakan oleh laboratorium manajemen dapat
mengaitkan keterampilan transfer pengetahuan yang abstrak dan ideal sehingga
menjadi praktis dan aplikatif dalam tindakan. Tujuan didirikannya laboratorium
manajemen adalah untuk mendukung proses pengajaran di Jurusan Manajemen Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang. Mata kuliah tertentu yang
diajarkan di Jurusan Manajemen membutuhkan laboratorium sebagai media penerapan
teori-teori yang dipelajari. Saat ini, staf Jurusan Manajemen yang
terkonsentrasi membuka mata kuliah laboratorium sesuai dengan bidangnya
masing-masing. Oleh karena itu, laboratorium manajemen memegang peranan penting
dalam pengembangan keilmuan jurusan manajemen.
Sedikit cerita sejarah dari lab
FEB UMM. Lab ini berdiri pada tahun 1998 atas usulan Bapak Drs. Mursidi dan
Bapak Drs. Jatmiko, MM. Lab ini sudah mengalami empat periode kepemimpinan.
1. Tahun
1996 – 1999 : Dra. Aniek Rumijati, MM
2. Tahun 1999 – 2004 : Drs. Noor
Aziz, MM
3. Tahun 2004 – 2009 : Dra. Nurul Asfiah, MM
4. Tahun 2009 – sekarang : Dra. Sri Nastiti Andharini, MM
![]() |
| Gambar 1. Kegiatan Praktikum Lab FEB UMM |
Tugas dan fungsi dari Lab FEB UMM :
1. Pusat Pengembangan dan Pembinaan Dosen dan Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang
2. Menjadi penyedia data dan informasi tentang manajemen dan bisnis terkini dari dalam dan luar negeri yang dapat diakses melalui bahan pustaka, multimedia dan internet.
3. Menjadi pusat penelitian dan pengembangan ilmu manajemen, kewirausahaan, solusi bisnis kecil, e-commerce, teknologi bisnis, dan sistem informasi perusahaan.
4. Menjadi wadah pertukaran ide dan konsep antar dosen di Jurusan Manajemen. Dosen di Jurusan Ekonomi biasanya terkait dengan pengembangan keilmuan dan pendidikan manajemen serta bisnis dan aplikasinya.
5. Menyediakan ruang pertemuan yang terdiri dari ruang manajemen, ruang manajemen dan database, ruang multimedia dan ruang diskusi dengan fasilitas komputer dan LAN, AC (AC), peralatan, perangkat lunak dan perangkat keras, ruang yang dilengkapi dengan loker untuk kegiatan belajar mengajar praktikum. , serta meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan manajemen pendidikan teori dan aplikasi. Dilengkapi dengan loker yang nyaman.
6. Menyediakan bahan pustaka, antara lain buku teks, modul, edisi cetak jurnal dan artikel tertentu, dan edisi cetak jurnal, artikel, catatan kuliah, dan modul tertentu dalam bentuk softfile.
Untuk kegiatan
praktikum sendiri, dibedakan menjadi 2, yaitu reguler dan non reguler :
1.
Praktikum Reguler
Merupakan
praktikum yang harus diikuti oleh semua mahasiswa manajemen dan merupakan salah
satu syarat manajemen akademik. Tujuan latihan rutin ini adalah untuk
memberikan pemahaman konseptual yang lebih praktis daripada masalah yang
sebenarnya, dan proses pengajarannya berbeda dengan perkuliahan klasik biasa.
2.
Praktikum Non reguler
Praktikum
ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan alat
bantu pengambilan keputusan di berbagai bidang, sehingga mahasiswa dapat
menggunakan alat bantu pengambilan keputusan dengan mahir dalam operasional
perusahaan. Menurut kesepakatan antara mahasiswa dan dosen pengampu mata
kuliah, magang nonkonvensional ini sifatnya tidak wajib. Karena sifatnya yang
tidak wajib, maka program magang ini ini hanya cocok untuk mahasiswa yang ingin
menambah ilmu dan pengalaman yang dianggap perlu oleh mahasiswa.
Menurut
saya, laboraturium ini sangat bagus untuk pengembang akademik. Untuk saat ini,
saya sedang menjalankan praktikum pemasaran. Yang mana didalamnya membahas
tentang pemasaran dengan cara mengajar santai dan jelas. Dan juga dosen
pengampu, dan asistenya juga solutif sekali bagi mahasiswa yang mengambl
praktikum tersebut. Setelah selesai dengan matakuliah pratikum pemasaran yang
saya ambil, saya lebih banyak mengetahui tentang pemasaran. Dan juga dapat di
konsultasikan juga pada dosen pengampunya/pembimbingnya. Karena online, saya
menjalani kelas lewat zoom atau lainnya. Tapi jika offline, kelas yang
disediakan sangat bagus sekali, dan lengkap untuk fasilitasnya.
Selengkapnya bisa melihat di
Laboratorium Manajemen FEB UMM



Komentar
Posting Komentar